Menambahkan Shortcut Aplikasi Windows Pada Menu Klik Kanan

Menambahkan Shortcut Aplikasi Windows Pada Menu Klik Kanan

Rgrosssz. – Untuk kalian yang malas dengan banyak nya program di komputer Serta tidak ingin untuk menambahkan shortcut ekstra untuk segala aplikasi pada dekstop anda. Mungkin dengan menambahkan shortcut melalui kelik kanan akan memberikan sebuah solusi untuk memberikan sedikit ruang pada desktop anda. Tidak harus menjadi seorang ekspert dalam programming untuk melakukan sebuah hal pada komputer. Hanya saja memerlukan beberapa langkah sederhana dan tampilan desktop anda akan rapih dan mudah di gunakan.

Sedikit Cara untuk melakukan nya akan kami bahas disini baik untuk pengguna Windows 7 ataupun Windows terbaru. Yang hanya dengan sedikit merubah registry dari sistem operasi Windows anda. Berikut contoh langkah awal untuk melakukan akses pada Registry Editor ( Regedit.Exe ) yang sudah terinstal secara permanen di awal menggunakan komputer. Untuk kali ini mari kita gunakan kombinasi tombol Windows + R lalu ketik “regedit” Anda jug abis menggunakan cara lain untuk mengaksesn Akses Direktori.

  • 1. HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell

Setelah sampai pada langkah ini Windows akan muncul pada desktop anda, maka mulailah untuk menambahkann folder baru di dalam dorektori tersebut. Tujuan utama dari penambahan folder ini adalah membuat menu baru. Dengan cara klik kanan pada folder Shell dan pilih New > Key  ( sama seperti contoh gambar di bawah ini )
Regedit Exe - RgrossszKeterangan

  • Name : Adalah nama dari shell milik anda sendiri
  • Type :  Yang berisikan tipe jenis Value yang ada, bisa juga berupa String ( huruf ) atau integar ( angka ) untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pada Laman developer Windows
  • Data : Yang Merupakan path aplikasi untuk printah ( Syntax comand line ) ketika akan dijalankan

Untuk pemberian nama isi saja sesuai dengan keinginan anda yang nantinya nama ini akan bersesuaian dengan nama menu. Yang akan dimunculkan pada saat anda melakukan Klik kanan pada Desktop anda.
Untuk langkah selanjutnya adalah menambahkan Aksi untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut. Klik kanan pada folder yang baru saja anda buat. Pilih New > Key Berikan nama folder tersebut “command” dengan huruf kecil, hal ini akan menyesuaikan pada susunan dari sistem operasi windows. Isikan pada “value data” direktori tempat aplikasi tersebut terinstal
value data - Rgrosssz

Sama halnya dengan keterangan sebelumnya untuk Value Data. Adalah untuk pemanggilan aksi atau penempatan direktori. Jika anda ingin menggunakan system untuk panggil Anda bisa menempatan Syntax Command Prompt untuk ditempatkan pada kolom Value Data

Tambahan : Untuk lebih mudah menemukan path ( Link direktori aplikas ) milik anda sendiri. Sebaiknya gunakan tombol Shift + Klik kanan lalu piliih “Copy as path”. dengan ini akan lebih praktis lagi untuk anda gunakan pada sistem operasi Windows

Jika sudah sampai pada langkah terakhir anda akan melihat tampilan yang berbeda pada klik kanan pada wallpaper desktop anda sendiri. Perbedaan ini tidak diharuskan untuk anda melakukan restart komputer sebelumnya. Untuk anda yang ingin menambahkan aplikasi lainya silahkan mengulanglangkah di ini untuk menyesuaikan kebutuhan anda.
Aplikasi - Rgrosssz

Setiap langkah pengubahan registry pada Windows merukapan salah satu hal yang berbahaya jika dilakukan tanpa pengetahuan, karena secara otomatis akan berpengaruh langsung terhadap sistem operasi itu sendiri. Namun jika seseorang tidak pernah mendapatkan keberhasilan jika tidak mencoba untuk mengambil resiko yang lebih jauh.


Related Posts



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *